Kementerian ESDM Berikan Peringkat Emas ke Semen Indonesia

0
673
Semen Indonesia raih penghargaan peringkat Emas dari Kementerian ESDM. (Dok. Semen Indonesia)
mortarindonesia.com

Direktorat Jenderal Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memberikan penghargaan dengan peringkat Emas (Aditama) kepada PT Semen Indonesia Tbk. Semen Indonesia mendapatkan penghargaan tersebut untuk kategori Perlindungan Lingkungan.

Mengutip dari WartaEkonomi.co.id, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dirjen Minerba Bambang Gatot Ariyono yang didampingi oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Muhammad Hendrastodan di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Selasa (8/5).

Direktur Produksi Semen Indonesia Benny Wendry yang menerima penghargaan tersebut mengatakan bila penghargaan tersebut membuktikan kegiatan pertambangan yang dilakukan oleh Semen Indonesia di Pabrik Tuban telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Persyaratan yang dimaksud meliputi administrasi lingkungan, pengelolaan batuan penutup, pengendalian erosi dan sedimentasi, pembibitan, reklamasi dan revegetasi, pengelolaan sarana penunjang, serta pemantauan lingkungan tambang.

Salah satu pengelolaan tambang yang telah dilaksanakan perseroan adalah pembuatan Green Belt selebar 50 meter sebagai buffer zone yang mengelilingi tambang di area tambang batu kapur, dan tanah liat untuk mengurangi debu dan kebisingan dari kegiatan operasional tambang.

“Dalam pengelolaan Green Belt, perseroan melakukan program kemitraan bersama 370 petani yang berasal dari masyarakat sekitar. Semen Indonesia memberikan bantuan bibit, pupuk, penanaman, perawatan, dan penyuluhan secara rutin oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tuban,” terang Benny.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here